Mengatasi Rasa Tertekan atau Stress

    Dalam hidup banyak hal yang kita jumpai, banyak pilihan yang harus kita pilih, banyak faktor yang dapat menimbulkan kebimbangan sehingga muncul yang dinamakan stress atau rasa tertekan. Stress biasanya timbul karena apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan pencapaian yang kita terima, selain itu faktor dari lingkungan, keluarga, tempat kerja atau lingkungan kita dalam bermasyarakat yang tidak bersahabat atau tidak sesuai dengan karakter kita juga dapat memicu timbulnya rasa tertekan atau stress. Jika rasa tertekan atau stress itu muncul biasanya akan merubah pola pikir atau cara pandang kita (menjadi lebih sempit) dalam menghadapi persoalan yang ada. Orang yang mengalami rasa tertekan akan cenderung mudah sekali marah atau tersinggung (sensitif), malas beraktivitas atau kinerja nenurun bahkan untuk sebagian orang ada yang nekat mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang mereka hadapi tanpa memperdulikan akibat yang ditimbulkannya. Sebenarnya jika kita mau berfikir sedikit tenang dan jernih permasalahan-permasalahan yang dapat menimbulkan stress itu dapat kita atasi, berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa tertekan atau stress:
    1. Kenali hal-hal yang dapat memicu stres dan lakukan sesuatu untuk mengatasinya. misalnya : stres karena selalu gagal memenuhi tuntutan kerja, atasi dengan memperbaiki manajemen waktu, stres karena lingkungan yang tidak sesuai, atasi dengan memperbaiki pergaulan dan berusaha lebih terbuka dengan orang lain.
    2. Bicarakan keadaan atau kesulitan yang sedang kita hadapi pada orang lain yang kita percaya. Dengan berbagi cerita atau kesulitan kita kepada orang lain akan mengurangi stres yang kita rasakan. Selain karena didengarkan, sering kali dengan bercerita kita akan mendapatkan masukan terhadap permasalahan yang sedang kita alami, sehingga solusi yang kita cari dapat kita temukan. Atau hanya sekedar mengetahui bahwa masalah seperti itu bukan hanya kita yang alami, sehingga timbul rasa optimisme dalam diri kita.
    3. Selalu berfikir positif, ingatlah bahwa kemampuan atau kesuksesan kita mengatasi masalah-masalah sulit dimasa lalu yang menjadikan kita masih bertahan di masa sekarang. Selain itu dengan berfikir positif akan membuat kita lebih bijak dalam menghadapi permasalahan yang ada.
    4. Lakukanlah kegiatan-kegiatan kecil yang bersifat menghibur diri kita untuk menghilangkan rasa tertekan, misal jika kita banyak aktifitas atau kegiatan yang padat lakukanlah kegiatan kecil (meregangkan badan) sebagai selingan.
    5. Perbanyak minum air putih akan membantu menghindari dehidrasi dan dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengatasi stres yang sedang kita alami.
    6. Lebih mendekatkan diri kita kepada-Nya. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mendekatkan diri kita kepada-Nya, seperti : berdzikir, berdoa, sholat, beramal, dan lain-lain. Kalau dengan bercerita kepada orang lain belum merasa cukup, berceritalah kepada Tuhan mu, utarakan semua yang menjadi keluh kesahmu dan selalu berpasrah diri kepada ALLAH Yang Maha Kuasa dan Maha Penyayang dengan bertawakal.

    SEGALA SESUATU DI DUNIA SELALU BERPASANGAN, JIKA ADA PERMASALAHAN PASTI JUGA ADA JALAN KELUAR ATAU PENYELESAIANNYA...
    Tergantung cara kita mensikapi dan mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang kita alami...


    4 Komentar:

    Nur mengatakan...

    Aq pusing......... di tempat pkl blass g da yg bisa diharakan krmahannya lagi,,,,

    Unknown mengatakan...

    Ntah kmana sy hrus brpijak,,smakin hari smakin sy mrasa d rndahkan dlm brbagai hal,,bhkan sy slalu trtipu dngan orng yg mngkin bsa sy prcaya tp nyatanya orng itulah yg justru menenggelamkan hdup sy pda keburukan..jd kmana sy hrus prgi

    Unknown mengatakan...

    Ntah kmana sy hrus brpijak,,smakin hari smakin sy mrasa d rndahkan dlm brbagai hal,,bhkan sy slalu trtipu dngan orng yg mngkin bsa sy prcaya tp nyatanya orng itulah yg justru menenggelamkan hdup sy pda keburukan..jd kmana sy hrus prgi

    Unknown mengatakan...

    Thx utk infonya..bermanfaat sekali.. mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/atasi-stress-dengan-gowes/


    Posting Komentar

    Koleksi Terbaru ARin Boutique

    Paling Banyak Di Baca